Program Kerja
MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU
PERIODE 2015-2020
A |
PROGRAM INTERNAL MAJELIS |
1 |
a. Merumuskan Kebijakan Mutu Majelis |
|
b. Merumuskan Sasaran Mutu Majelis |
|
c. Merumuskan Visi, Misi Majelis |
|
d. Restrukturisasi organisasi dan Tupoksi Majelis |
|
e. Revisi Penyelenggaraan Dokumen dan Rekaman |
|
f. Evaluasi dan Tindak Lanjut |
B |
PROGRAM EKSTERNAL MAJELIS |
1 |
Menanamkan nili-nilai Islam di sekolah-sekolah Muhammdiyah |
|
a. Pembekalan kepada semua guru |
|
b. Pengajian guru yang berisikan materi mentoring siswa |
|
c. Mentoring oleh guru kepada siswa |
|
d. Pengajian Tata Usaha |
|
e. Monotoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut |
|
|
2 |
Meningkatkan Mutu SD/MI Muhammadiyah Kota Bengkulu |
|
Dimulai dari SDM.1 Jl. K.H.A. Dahlan (Kebun Ros) Bengkulu |
|
a. Pembentukan Tim Peningkatan mutu oleh Majelis Dikdasmen |
|
b. Merumuskan Strategi Peningkatan mutu oleh Tim |
|
c. Presentasi rumusan Strategi oleh Tim |
|
d. Finalisasi rumusan Strategi oleh Majelis Dikdasmen |
|
e. Sosialisasi Strategi Peningkatan Mutu oleh Majelis Dikdasmen |
|
Kepada warga SDM.1 (guru, TU) |
|
f. Pelatihan-pelatihan kepada guru SDM.1 melalui IHT |
|
g. Promosi kepada masyarakat melalui brosur, media massa, web |
|
h. Monitoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut |
|
|
3 |
Mendorong dan Mendampingi Sekolah untuk memiliki POS |
|
a. Workshop Manajemen Mutu kepada Kepala Sekolah, dan Wakil |
|
1) Merumuskan Kebijakan Mutu |
|
2) Merumuskan Sasaran Mutu |
|
3) Merumuskan Visi, Misi, Tujuan, dan Moto sekolah |
|
4) Restrukturisasi Organisasi Sekolah |
|
5) Merumuskan Tupoksi masing-masing Unit Kerja |
|
6) Identifikasi POS yang perlu ada di setiap unit kerja sekolah |
|
b. Menyusun POS oleh setiap sekolah |
|
c. Workshop finalisasi POS setiap sekolah |
|
d. Monitoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut |
|
|
4 |
Mendorong dan mendampingi sekolah dalam meningkatkanm mutu |
|
Proses Pembelajaran |
|
a. Membentuk MGMP bagi guru-guru Muhammadiyah |
|
b. Workshop Kurikulum dan Pembelajaran |
|
1). Evaluasi kurikulum setiap sekolah |
|
2). Revisi kurikulum setiap sekolah |
|
3). Strategi Pembelajaran |
|
c. Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memiliki bakat |
|
Menonjol pada mata pelajaran sains, teknologi, dan seni |
|
d. Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memiliki bakat |
|
Menonjol bidang da’wah |
|
e. Melaksanakan Olympiade sains, teknologi, seni, dan da’wah |
|
f. Monitoring, Evalusi, dan Tindak Lanjut |
|
|
5 |
Penetapan Standar Kompetensi Minimal Guru-Guru Sekolah |
|
Muhammadiyah dalam penguasan Al- Islam dan ke- Muhammadiyahan |
|
a. Workshop penyusunan Standar Kompetensi Minimal |
|
b. Sosialisasi kepada semua guru Muhammadiyah |
|
c. Monitoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut |
|
|
6 |
Meningkatkan Kesejahteraan Guru dan Pegawai Tata Usaha |
|
a. Workshop Upaya Peningkatan Kesejahteran Guru dan Tata Usaha |
|
1) Melakukan analisis SWOT terhadap sekolah Muhammadiyah |
|
2) Identifikasi lebih lanjut peluang-peluang yang ada |
|
3) Menyepakati peluang yang dipilih |
|
4) Merumuskan strtegi pelaksanaan |
|
b. Sosialisasi kepada calon pelanggan |
|
c. Monitoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut |
|
|
7 |
Terwujudnya Sekolah Efektif (Sekolah Unggul), dengan indikator |
|
terwujudnya poin B 1 sd. 6 di atas |
|
a. Membentuk Forum Komunikasi Kepala Sekolah Muhammadiyah |
|
b. Seleksi dan pelatihan calon kepala sekolah |
|
c. Mengidentifiksi sekolah-sekolah yang memiliki kemauan kuat untuk |
|
meningkatkan mutu tatakelola |
|
d. Memberikan pendampingan khusus terhadap sekolah-sekolah yang |
|
memiliki kemauan kuat untuk meningkatkan mutu tata kelola |
|
e. Menyiapkan sekolah pada poin c, d di atas untuk memperoleh |
|
Sertifikat ISO 9001:2008, yaitu manajemen mutu dari salah satu |
|
Asesor yang telah terakreditasi |
|
f. Monitoring, Evaluasi, dan Tindak Lanjut |